Informasi Beasiswa Bappenas Tahun 2016 dan 2017

informasi-beasiswa-bappenas-tahun-2016-dan-2017

Peluang Beasiswa Dalam Negeri – Salah satu penyedia beasiswa yang terkenal lainnya adalah Bappenas yang mengeluarkan kesempatan baru jika Anda tertarik untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Beasiswa kali ini ditujukan bagi pegawai negeri sipil untuk melanjutkan ke jenjang S2. Penawaran ini memang dibuka setiap tahunnya untuk mewujudkan tingkat SDM yang lebih maju lagi.

Ada banyak kesempatan yang diberikan kepada Bappenas tersebut dalam rangka mewujudkan tujuan nasionalnya. Berikut ini akan membahas banyak hal mengenai beasiswa tersebut dan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi kandidatnya.

Beasiswa Bappenas dan Cakupan Biaya
Beberapa cakupan yang disediakan dari beasiswa Bappenas tersebut adalah uang kuliah per paket program yang termasuk dengan tunjangan biaya hidup (dalam hal ini termasuk dalam biaya hidup dan operasional seperti transportasi) sejumlah Rp 1.800.000,- per bulannya.

Tunjangan tesis diberikan dengan jumlah Rp 6.500.000,-. Untuk biaya yang dikeluarkan dari masing-masing instansi asalnya seperti transportasi PP dari awal sampai akhir program, penempatan awal peserta yang berdomisili di luar kota, internet langganan, dan tambahan uang saku.

Pertanggungan biaya ini sangat besar dan menarik sekali untuk digunakan maka dari itu Anda perlu memanfaatkannya dengan lebih baik.

Tawaran menarik tersebut berdurasi selama 15 bulan pada perguruan tinggi yang direkomendasikan. Masing-masing dari kota terdapat universitas yang direkomendasikan tersebut sehingga tidak terlalu membebani untuk datang ke kota yang lainnya.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan peluang beasiswa Bappenas tersebut seperti:
-syarat administratif
-pengusulan dari instansi terkait minimal UKE II
– merupakan bagian dari unit kerja perencanaan
– golongan PNS 100% dari III A dengan minimal masa kerja selama 1 tahun
– pendidikan minimal S1 yang sudah lulus kurang lebih 2 tahun berlalu dan IPK minimalnya adalah 2.75
– memiliki usia maksimal 37 tahun
– mengikuti seleksi nasional
– memiliki sertifikat TOEFL minimal 450
– seleksi wawancara untuk menunjukkan komitmen dalam mengambil keputusan.
– belum pernah mengambil jenjang yang sama sebelumnya (S2 yang dimaksud)
– pelamar yang diprioritaskan adalah fungsi perencana, perencana pada instansi perencanaan, dan PNS lain yang bertugas merencanakan pada instansi terkait.

Untuk mendaftarkan diri Anda bisa melalui website resmi dari Bappenas dan mengisi formulir di dalamnya. Nantinya ada banyak proses lanjutan lagi yang diberikan jika Anda termasuk kandidat yang lolos.

Banyak persyaratan lain yang perlu Anda pahami dahulu sebelum memulai mendaftarkan diri tersebut karena akan berpengaruh terhadap penilaian dari panitianya.

Tidak hanya dari Bappenas tetapi juga masih banyak pilihan terkait untuk masuk menjadi kandidat beasiswa yang lainnya. Setiap tahunnya memang akan dibuka lowongan peluang beasiswa tersebut sehingga menjadi kesempatan untuk Anda lebih maju lagi.